Langsung ke konten utama

Memulai Bisnis Wedding Organizer

Cara memulai bisnis wedding organizer merupakan sebuah strategi bisnis yang cukup banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Pernikahan merupakan sebuah hal yang sangat sacral dan sudah seharusnya dimanajemen secara tepat serta baik. Ini merupakan ikatan suci yang akan mengantarkan setiap orang menuju kehidupan baru. Mereka akan mempunyai pasangan hidup yang mendampingi hingga akhir hayat.

Dahulu, pernikahan merupakan hal yang dipersiapkan secara sendiri. Orang yang menikah akan mengundang khalayak ramai untuk menjadi panitia suatu pernikahan. Mereka menjadi sebuah panitia yang bekerja untuk memasak, mendesain dekorasi pernikahan, penerima tamu, dan mempersiapkan segala hal di dalam acara pernikahan tersebut. Tidak ketinggalan, tuan rumah juga direpotkan dengan banyak pekerjaan terutama manjemen acara di hari pernikahan itu sendiri.

Namun, sekarang telah berbeda. Banyak tuan rumah yang begitu sibuk dengan urusan pekerjaan, sehingga tidak lagi mampu mendesain acara pernikahan sendiri. Kemudian, hadirlah sebuah wedding organizer sebagai solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah ini. Adanya wedding organizer atau krap disapa WO ini semakin diminati oleh masyarakat dan menjadi salah satu bisnis yang laris di pasaran. Anda bisa mengambil celah bisnis ini untuk membentuk usaha WO yang dapat dipastikan mempunyai banyak peminat. Bagaimana cara memulai bisnis wedding organizer? Artikel ini akan memberikan bahasan lengkap kepada Anda semua.  

Persiapan memulai bisnis WO

Memperluas relasi, jaringan, dan kenalan.
Pada tahap pertama, tentu saja Anda harus mempunyai pasar. Pasar tersebut bisa dibentuk dengan cara bekerjasama dengan banyak orang. Bekerjalah dalam sebuah tim dan lakukan pendekatan atau appoarching ke banyak pihak yang bisa mendatangkan order. Sebagai contoh, Anda bekerja sama dengan perias pengantin dengan janji komisi apabila ia mampu mendatangkan klien untuk bisnis wedding organizer yang Anda miliki.

Menyiapkan modal.
Modal yang dibutuhkan bukan hanya sebatas uang tetapi lebih kepada kinerja setiap karyawan yang Anda miliki. Persiapkan modal dengan baik dan berikan langkah konkret kepada setiap elemen tim yang Anda miliki.

Persiapkan teknik promosi.
Promosi yang tepat akan membawa Anda pada pekerjaan yang melimpah. Tentukan bagaimana Anda akan melakukan promosi dan libatkan seluruh elemen tim tanpa terkecuali.

Pemasaran dalam bisnis WO

Siapkan segala bentuk armada pemasaran. Anda bisa menggunakan internet sebagai cara paling sukses untuk memasarkan produk. Buatlah sebuah akun jejaring sosial dan website untuk memberi tahu khalayak ramai di kota Anda mengenai bisnis WO yang sedang dijalankan.
Langkah-langkah pelaksanaan bisnis WO.

Penyebaran berita.
Sebarkan berita bahwa Anda mempunyai usaha wedding organizer ke banyak orang. Perkenalkan usaha Anda melalui facebook, twitter, website kartu nama, kalender, dan surat kabar. Berikan rincian kerja dan detail harga dengan jelas agar orang yang membaca pamphlet Anda merasa jelas.

Kualitas layanan no 1.
Jangan jadikan diri Anda sebagai money oriented atau lebih mengutamakan uang. Utamakan kualitas layanan yang Anda miliki karena Anda sendiri masih sangat awam di bisnis ini. Dengan kualitas layanan terbaik, Anda akan mendapatkan tempat tersendiri di mata konsumen dan nama usaha Anda lambat laun akan terangkat.

Bangun komunikasi dengan baik.
Bangunlah komunikasi secara baik dengan klien Anda. seorang klien atau konsumen akan sangat senang apabila merasa dihargai dan terus diberikan layanan prima. Juga, selalu perluas relasi Anda dan usahakan untuk bergaul kepada setiap orang dengan welcome.

Perkaya pengetahuan.
Memperkaya pengetahuan mengenai wedding organizer sangatlah penting dalam rangka meningkatkan kualitas layanan. Anda perlu mengerti beragam gaya, style, dan semua hal mengenai resepsi pernikahan yang berbeda. Sedikit ilmu tentang cara memulai bisnis wedding organizer di atas, semoga mampu membantu Anda dengan sangat baik. Selamat mecoba.

Postingan populer dari blog ini

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut.

Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card?

Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka, atau istilah umumnya pra bayar. S…

Paket Ultah & Wedding I Club Jiero 2018

Di awal tahun 2018, rasanya masih sah-sah saja kalau kamu mau membuat resolusi. Biasanya resolusi selalu berkaitan dengan hal positif. Hampir mirip seperti cita-cita atau target yang ingin dicapai pada tahun tertentu. Seperti, menyelesaikan kuliah, naik jabatan, menambah keturunan (bagi yang sudah menikah), atau membeli sesuatu yang diinginkan dan tak bisa mudah dibeli.


Ada banyak hal yang bisa menjadi resolusi kamu di tahun 2018 ini. I Club Jiero, di tahun 2018 ini punya resolusi ingin melayani lebih baik lagi kepada sahabat I Club Jiero yang datang ke Cafe & Resto kami. Selain ada hal baru lagi di tahun 2018 ini yaitu harga paket ulang tahun dan paket wedding. Banyak yang rekues kepada team I Club Jiero, yaitu menginginkan ultah dan wedding yang sudah include dekorasi, MC, hingga paket liburan.

Nah di tahun 2018, paket liburan yang kami pilih adalah Bali. Untuk paket weddingnya hanya Rp 99.000,- per pax (min. 350 pax), fasilitas : Menu Prasmanan, Liburan ke Bali, Menginap 1 mala…

Persiapan Wedding