Langsung ke konten utama

Manfaat Diving & Tempat Diving Terbaik Di Indonesia


Menyelam (diving) memang tergolong olahraga mahal. Karena tak semua lautan bisa diselami, hanya beberapa wilayah saja yang bisa dinyatakan 'boleh' dan aman untuk dilakukannya diving. Tapi manfaatnya luar biasa lho, selain ini juga salah satu rekreasi bahari.


Memaksimalkan Kerja Otot. Untuk melakukan diving, Anda diharuskan menggerakkan seluruh tubuh. Ini membuat seluruh otot bekerja maksimal. Pemanasan sebelum menyelam jadi hal penting. Belum lagi dengan peralatan diving yang cukup berat dan harus Anda bawa. 

Setelah berada dalam air, kalori Anda akan terbakar secara keseluruhan namun dalam aspek yang berbeda. Seluruh otot tubuh Anda bekerja terutama otot kaki. Hal tersebut secara tidak langsung sama seperti Anda melakukan olahraga kardio. Diving juga mengharuskan Anda mengontrol napas, keterampilan kebugaran yang diperlukan dalam yoga. Ketika Anda bernapas perlahan-lahan, tubuh Anda santai dan tetap mengapung. 

Menurunkan Stres. Diving mengharuskan Anda untuk melepaskan kekhawatiran dan tensi serta secara metodik menggerakkan tubuh. Hampir sama dengan yoga, diving juga mengharuskan Anda untuk diam. Tidak bisa berbicara dengan teman saat diving, memaksa untuk fokus pada apa yang ada di depan mata dan di pikiran Hal ini bermanfaat membantu pikiran dan tubuh jadi lebih rileks. 


Lalu kemana kita bisa melakukan diving?

Alor.
Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar. Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan. Jika anda ingin menyelam di perairan Alor, disini terdapat 18 titik menyelam yang sangat Indah :

  1. Baruna’s Point,
  2. Never – Never wall,
  3. Cave Point,
  4. Barrel Sponge Wall,
  5. Mola – mola Point,
  6. Night Snacks,
  7. Alor Expree / Alor Dreaming,
  8. Rocky Point,
  9. Three Coconuts,
  10. Moving Pictures,
  11. Eagle Ray Point, 
  12. Rahim’s Point,
  13. Tuna Channel,
  14. Anemone Country,
  15. Sharks Reeway,
  16. Octopus Garden,
  17. Captain’s Choice, 
  18. dan The Refrigerator. 
Jika anda memilih menyelam di beberapa titik yang disebutkan tadi, mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan bawah air yang begitu Indah.

Kepulauan Derawan dan Maratua di Kalimantan Timur.
Sebelumnya kepulauan Derawan di Kalimantan Timur ini memang jarang terdengar. Namun akhir-akhir ini berbagai media telah memperkenalkan keindahaan yang tersembunyi di kepulauan tersebut. Bagi para pecinta keindahaan alam bawah laut tentunya sudah sering mendengar nama kepuauan Derawan dimana terdiri dari P.Derawan, P.Maratua, P.Sangalaki, dan P.Kakaban. Jika anda berkunjung kesana maka anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah dimana airnya sangat biru dan jernih. Saat anda mulai menyelam meski hanya di pinggiran saja sudah tampak jelas keindahan berbagai jenis karang dan biota laut yang siap memanjakan mata anda. Saya sendiri selaku warga Kaltim yang sudah mencicipi keindahan di kepulauan ini sangat menyarankan anda untuk mengunjunginya, recommended.

Laut Banda.
Laut Banda adalah sebuah laut yang terletak di Kepulauan Maluku, Indonesia. Laut berukuran 500×1.000 km ini terpisah dari Samudra Pasifik oleh beratus-ratus pulau, serta Laut Halmahera dan Seram. Pulau ini merupakan surganya para penyelam. Di Laut Banda banyak terdapat ikan pelagis seperti ikan cakalang. Selain itu di Laut yang terdalam di Indonesia ini juga terdapat berbagai keanekaragaman hayati laut seperti,scorpionfish asli Ambon, lumba-lumba, ikan tuna, ikan napoleon,ikan kerang purba yang dilindungi dan masih banyak lagi.

Kepulauan Raja Ampat di Papua.
Pastinya nama Raja Ampat sudah tidak asing lagi di telinga kita. Objek wisata yang satu ini memang sudah sangat sering diberitakan di berbagai media. Keindahan alam di kepulauan Raja Ampat ini sungguh sangat menggoda dan memanjakan mata, termasuk juga pemandangan bawah lautnya. Lokasi Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat terdiri dari 1.500 pulau dan banyak diklaim sebagai tempat dengan pemandangan bawah laut terindah di Indonesia. Di sana juga masih terdapat berbagai kehidupan ragam hayati yang masih lengkap di dunia yang terdiri dari 1.500 jenis spesies ikan, 700 jenis moluska, dan 500 jenis karang.

Karimun Jawa.
Karimunjawa berada di 83 km sebelah utara Pulau Jawa, adalah salah satu tempat dengan keberagaman biota laut yang sangat luar biasa. Lebih dari 69 marga karang keras dan tak kurang dari 353 spesies ikan karang hidup di perairan laut tropisnya yang jernih ini. Di Karimunjawa terdapat beberapa spot bagi anda yang ingin bersnorkeling, yakni Perairan Pulau Cemara Besar, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah dan Pulau Cilik Namun pada dasarnya, semua perairan di wilayah Kepulauan Karimunjawa adalah surga bagi terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya. Selagi bersnorkeling, anda juga diminta untuk berhati hati dan waspada terhadapa keselamatan anda, karena di perairan ini terdapat banyak bulu babi,ubur ubur, Ikan lepu batu yang beracun, dan ikan pari.

Tulamben.
Tulamben adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Desa ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman yang terkenal di Bali, terutama di sekitar lokasi karam kapal USAT Liberty (sebuah kapal angkut tentara angkatan darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada tahun 1942).
Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Penyelam dari semua tingkatan keahlian bisa melakukan penyelaman di tempat ini. Lokasi ini bisa dicapai langsung dari bibir pantai dan terletak sekitar 25 meter dari pesisir, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut. Anda akan merasakan keindahan alam bawah lautnya ketika anda menyelam di perairan ini. Ikan ikan bewarna warni dan terumbu karang akan anda jumpai disana.

Pulau Bunaken di Sulawesi Utara.
Pulau Bunaken terdapat di Menado, Sulawesi Utara dan sudah termasuk dalam daftar kawasan taman laut Nasional. Di pulau Bunaken terdapat sekitar 20 titik lokasi menyelam yang layak untuk anda coba. Kedalaman dari berbagai lokasi tersebut berbeda-beda hingga mencapai 1.300m. Mungkin masih segar di telinga kita beberapa waktu lalu di pulau ini mencatat rekor luar biasa dalam jumlah penyelaman terbanyak yang mencapai 2861 penyelam. Program tersebut diberi nama “Sail Bunaken”, kegiatan tersebut mendapat sambutan baik serta menerima berbagai pujian dari para penyelam dunia.

Wakatobi Sulawesi Tenggara.
Wakatobi juga merupakan salah satu tempat di Indonesia dengan lokasi menyelam terbaik. Jika anda adalah pecinta dunia Diving sebaiknya jangan melewatkan apa yang ada Wakatobi ini. Nama Wakatobi sendiri merupakan kependekan dari nama 4 pulau besar (Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko). Disana para penyelam akan dimanjakan dengan keindahan dari 750 jenis koral dan 850 spesies biota launya. Jadi jika anda sedang merencanakan berwisata menyelam jangan lupa memasukan Wakatobi di daftar destinasi anda.

Morotai Maluku Utara.

Pulau Morotai (695 mil persegi/1.800 km²) adalah nama sebuah pulau sekaligus kabupaten definitif baru yang terletak di kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku, Indonesia. Sebagai bagian dari Provinsi Maluku Utara, Pulau ini merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia. Di Laut Morotai, selain anda bisa melihat ikan ikan kecil yang sedang berenang anda juga akan terpukau melihat beberapa bangkai pesawat peninggalan perang dunia ke II di kedalaman 20-30 meter. Selain bangkai pesawat anda juga bisa menemukan bangkai truk yang beberapa bagiannya masih utuh.


Pulau Komodo Flores, Nusa Tenggara.
Pulau Komodo merupakan pulau yang lokasinya berada di kepulauan Nusatenggara. Namanya mulai mencuat saat pulau ini masuk dalam daftar “New Seven Wonders” aliat tujuh keajaiban dunia yang baru. DI pulau ini terdapat lokasi diving yang menawarkan pemandangan bawah laut sangat indah sehingga mendapat julukan “Paradise Underwater”. Julukan tersebut disematkan oleh para penyelam yang pernah menikmati indahnya pemandangan bawah laut pulau ini. Mata akan dimanjakan oleh berbagai terunggu karang dengan berbagai warna yang sangat indah. Maka dari itu jangan lupa mencatat pulau ini sebagai destinasi menyelam anda selanjutnya.


Pulau Menjangan.
Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terletak di 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan salah satu anggota kepulauan Karimunjawa dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Keindahan lautnya sudah mengisyaratkan bahwa perairan pulau Menjangan memang kaya dengan terumbu karang dan ikan . Di perairan Menjangan terumbu karang dan biota laut lainnya tumbuh dengan baik disini karena kawasan ini merupakan kawasan taman nasional serta sebagi salah satu daerah snorkeling terbaik di Bali. Dan pada kedalaman 45 meter di laut ini, terdapat titik menyelam Anchor Wreck. Sesuai namanya, terdapat bangkai kapal lengkap dengan jangkarnya yang sudah berkarat. Lokasi tersebut dikenal dengan sebutan Anker atau Kapal Budak. Diduga bangkai kapal ini adalah bangkai kapal laut Belanda pada abad ke-19 yang tenggelam pada masa terjadinya Perang Dunia II. Penasaran dengan Pulau cantik ini, jika anda sedang berkunjung ke Bali, tidak ada salahnya anda mengunjungi Pulau Menjangan untuk bersnorkeling atau hanya menikmati pemandangan Bali Barat.

Nusa Penida Bali.

Berikutnya adalah pulau Nusa Penida yang mana lokasinya berada di sebelah selatan tenggara Bali.  Selain pulau utama ini terdapat pula pulau-pulau kecil di sekitarnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Adapun lokasi wisata menyelam yang terkenal di kawasan ini adalah Penida Bay, Batu Abah, Manta Point, Batu Meling, Toyapakeh, Batu Lumbung,  dan Malibu Point. Bukan itu saja, dikawasan perarian ini adalah musium rumput laut yang sudah langkah di dunia. Maka dari itu layak sekali untuk dijadikan destinasi anda.

Pulau Bintan Riau.

Untuk tempat menyelam yang satu ini berada di Sumatera tepatnya di propinsi Riau. Adapun wisatawan yang berkunjung ke pulau Bintan ini akan dimanjakan dengan keindahaan pantai yang penuh dengan ketenangan. Namun bukan itu saja, selain pantainya yang indah pulau ini juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik untuk di jadikan tujuan wista diving.



Postingan populer dari blog ini

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut.

Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card?

Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka, atau istilah umumnya pra bayar. S…

Paket Ultah & Wedding I Club Jiero 2018

Di awal tahun 2018, rasanya masih sah-sah saja kalau kamu mau membuat resolusi. Biasanya resolusi selalu berkaitan dengan hal positif. Hampir mirip seperti cita-cita atau target yang ingin dicapai pada tahun tertentu. Seperti, menyelesaikan kuliah, naik jabatan, menambah keturunan (bagi yang sudah menikah), atau membeli sesuatu yang diinginkan dan tak bisa mudah dibeli.


Ada banyak hal yang bisa menjadi resolusi kamu di tahun 2018 ini. I Club Jiero, di tahun 2018 ini punya resolusi ingin melayani lebih baik lagi kepada sahabat I Club Jiero yang datang ke Cafe & Resto kami. Selain ada hal baru lagi di tahun 2018 ini yaitu harga paket ulang tahun dan paket wedding. Banyak yang rekues kepada team I Club Jiero, yaitu menginginkan ultah dan wedding yang sudah include dekorasi, MC, hingga paket liburan.

Nah di tahun 2018, paket liburan yang kami pilih adalah Bali. Untuk paket weddingnya hanya Rp 99.000,- per pax (min. 350 pax), fasilitas : Menu Prasmanan, Liburan ke Bali, Menginap 1 mala…

Persiapan Wedding