Langsung ke konten utama

Cara Memasak Ketupat



Lontong atau ketupat sama-sama terbuat dari beras, perbedaan hanya terletak pada pembungkusnya. Jika ketupat dibuat dengan bungkusan daun kelapa yang masih muda atau janur yang dianyam, sedangkan lontong lebih praktis dengan dibungkus daun pisang bahkan dapat pula dengan plastik. Selain itu, ketupat bisa juga dibungkus dengan daun pandan.
Bahan membuat lontong dan ketupat :
  • beras, cuci bersih dan tiriskan
  • air secukupnya
  • daun pisang untuk membungkus lontong
  • bungkus/ kulit ketupat untuk membuat ketupat
  • plastik kemasan standar ½ kg
1. CARA MEMBUAT LONTONG BUNGKUS DAUN PISANG :
  1. Potong-potong daun pisang menjadi lembaran-lembaran untuk membungkus lalu celupkan 2 detik dalam air mendidih agar layu dan tidak mudah pecah saat disemat, lalu keringkan.
  2. Buat selongsong atau gulung-gulung lembaran daun pisang, sisi dalam berwarna hijau tua dengan garis tengah 3-4 cm. Kemudian salah satu ujungnya disemat dengan lidi.
  3. Masukkan beras ke dalam selongsong tersebut, namun cukup sampai setengahnya saja. Kemudian semat kembali sisi yang lain. Masukkan ke dalam panci, isi air sampai selongsong terendam.
  4. Rebus hingga matang dan lontong terasa padat. Gulungan lontong harus tergenang air, tambahkan air panas jika tidak terendam. Setelah diangkat, sirami lontong dengan air matang dingin supaya kulit tetap bersih, tiriskan dan dinginkan dengan posisi miring/ berdiri supaya airnya benar-benar tiris.
2. CARA MEMBUAT KETUPAT :
  1. Beras yang sudah dicuci bersih sebaiknya direndam selama 3 jam. Tiriskan dan dapat dicampur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan. Masukkan beras ke dalam bungkus ketupat tidak lebih dari 2/3 bagian isi.
  2. Didihkan air, masukkan ketupat lalu rebus hingga matang selama 4-5 jam dan pastikan ketupat selalu terendam. Tambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.
  3. Angkat, siram dengan air matang dingin supaya kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.
Tips : Cara lain, beras dapat dimasak setengah matang atau diaron lalu masukkan ke dalam bungkusan ketupat atau bungkusan lontong lalu rebus.

Postingan populer dari blog ini

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut.

Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card?

Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka, atau istilah umumnya pra bayar. S…

Paket Ultah & Wedding I Club Jiero 2018

Di awal tahun 2018, rasanya masih sah-sah saja kalau kamu mau membuat resolusi. Biasanya resolusi selalu berkaitan dengan hal positif. Hampir mirip seperti cita-cita atau target yang ingin dicapai pada tahun tertentu. Seperti, menyelesaikan kuliah, naik jabatan, menambah keturunan (bagi yang sudah menikah), atau membeli sesuatu yang diinginkan dan tak bisa mudah dibeli.


Ada banyak hal yang bisa menjadi resolusi kamu di tahun 2018 ini. I Club Jiero, di tahun 2018 ini punya resolusi ingin melayani lebih baik lagi kepada sahabat I Club Jiero yang datang ke Cafe & Resto kami. Selain ada hal baru lagi di tahun 2018 ini yaitu harga paket ulang tahun dan paket wedding. Banyak yang rekues kepada team I Club Jiero, yaitu menginginkan ultah dan wedding yang sudah include dekorasi, MC, hingga paket liburan.

Nah di tahun 2018, paket liburan yang kami pilih adalah Bali. Untuk paket weddingnya hanya Rp 99.000,- per pax (min. 350 pax), fasilitas : Menu Prasmanan, Liburan ke Bali, Menginap 1 mala…

Persiapan Wedding