Langsung ke konten utama

Lontong Kikil atau Sate Kikil? Semuanya Nikmat! #IndonesianFood


Sate Kikil Lamongan

Pecinta kuliner pasti tahu kikil kan? Kikil merupakan bagian dari kaki sapi atau kambing, bentuknya seperti kulit tebal yang menyelimuti tulang dan jari-jari kaki. Selain sensasi unik yang akan dirasakan, mengkonsumsi kikil juga diyakini akan menghitamkan kembali rambut dan bermanfaat untuk pertumbuhan sel-sel tubuh.

Kemungkian hal ini disebabkan kerena pada kikil sapi banyak terdapat protein hewani dan tulang muda yang kaya akan kalsium. Namun bagi Anda yang memiliki masalah asam urat, ada baiknya untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang satu ini. Hal ini karena kandungan purin pada kikil tergolong tinggi.

Makanan dengan bahan dasar kikil yang dapat kita jumpai di Lamongan adalah sate kikil dan rawon kikil. S0to kikil merupakan varian dari sate daging sapi serta soto ayam khas Lamongan. Lalu, di Surabaya yang popular adalah Lontong Kikil. Berikut Resep Lontong Kikil yang bisa Anda praktekan di rumah.

Lontong Kikil
Bahan Lontong Kikil Surabaya:
1.       500 gr kikil sapi, potong- potong
2.       1500 ml air
3.       100 gr bawang merah
4.       3 siung bawang putih
5.       2 cm jahe
6.       2 buah cabai merah besar
7.       2 cm kunyit
8.      5 lembar daun jeruk
9.       5 butir kemiri
10.   1 1/4 sdt garam
11.    2 batang daun bawang, potong halus
12.    2 buah jeruk nipis, ambil airnya
13.    Lontong, secukupnya
14.    Sambal cuka

Cara Membuat Lontong Kikil Surabaya : 

1.  Rebus kikil hingga empuk. Goreng bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah, kunyit, daun jeruk, dan kemiri hingga setengah layu, kemudian haluskan.
2.     Tumis bumbu halus dengan 4 sdm minyak goreng hingga matang.
3. Tuang ke dalam rebusan kikil. Tambahkan garam, kemudian masak hingga matang dan bumbu meresap.
4.  Potong- potong lontong, tambahkan daun bawang dan air jeruk. Siram kuah beserta kikil panas.
5.      Sajikan lontong kikil surabaya dengan sambal cuka.
 


Postingan populer dari blog ini

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut.

Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card?

Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka, atau istilah umumnya pra bayar. S…

Persiapan Wedding

Update Menu I Club Jiero edisi Lebaran 2017

Halo sahabat I Club dan Jieroligan yang selalu update hal baru di I Club dan Jiero. Nah, sekarang saatnya kamu update harga menu di I Club dan Jiero ya. Harga baru ini berlaku mulai tanggal 17 Juni 2017 sampai 9 Juli 2017. 
I Club Jiero, tetap buka pada saat Hari Raya Idul Fitri. Buka dari pukul 08.00 - 24.00 WIB. Jadi, tidak khawatir mau nongkrong dimana pada saat libur Lebaran nanti... ajak teman-teman dan keluarga untuk berkumpul bersama di I Club Jiero.