Langsung ke konten utama

Mengapa Harus Pakai Public Relation?

Bagi sebuah perusahaan, Public Relation (PR) sangatlah dibutuhkan. Baik itu perusahaan kecil atau besar. Karena dalam menjalan usaha, peran dari PR ini memang penting. Public Relation (PR) adalah fungsi manajemen di suatu perusahaan atau korporasi pada umumnya yang memiliki 4 unsur di dalamnya. HUMAS :
  1. merupakan filsafat manajemen yang bersifat sosial;
  2. merupakan suatu pernyataan tentang filsafat tersebut dalam keputusan kebijaksanaan; 
  3. humas adalah tindakan akibat kebijaksanaan tersebut; 
  4. humas merupakan komunikasi dua arah yang menunjang ke arah penciptaan kebijaksanaan ini kemudian menjelaskan, mengumumkan, mempertahakankan, atau mempromosikannya kepada publik sehingga memperoleh saling pengertian dan itikad baik.
Berdasarkan 4 unsur tersebut, PR di suatu perusahaan dalam menjalankan tugas dan fungsi tersebut terbagi menjadi beberapa bagian. Pembagian tugas di divisi PR dari suatu perusahaan biasanya didasarkan pada kebutuhan dari perusahaan tersebut, sehingga biasanya pembagian divisi PR tidak selalu sama dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Pada umumnya divisi PR di suatu perusahaan terdiri dari:
  1. Institusional Relations. Intitusional Relations atau hubungan antar lembaga dalam bahasa Indonesia adalah suatu bagian dari divisi PR di perusahaan yang bertugas melakukan jalinan hubungan ke lembaga-lembaga yang ada di masyarakat. Hubungan tersebut dilakukan untuk menjalin hubungan dengan masyarakat atau lembaga yang ada di sekitar perusahaan. Hal tersebut penting dilakukan karena lembaga, komunitas, ataupun kumpulan masyarakat non lembaga merupakan stakeholder yang berpengaruh terhadap kegiatan dan keberlangsungan suatu perusahaan. 
  2. Media Relations atau hubungan dengan media adalah bagian dari divisi PR di suatu perusahaan yang bertugas untuk menjalin hubungan dengan media mainstreem pada umumnya. Media relation lebih bertugas untuk bagaimana berhubungan baik dengan media, mengatur arus informasi ke media sehingga isu yang muncul dapat terencana. Menjalin hubungan dengan media juga merupakan hal yang penting di dalam PR, karena media juga merupakan stakeholder.
  3. Government Relations atau hubungan dengan pemerintah. Pemerintah sebagai pemangku kekuasaan dianggap sebagai stakeholder yang sangat berpengaruh sehingga menjalin hubungan dengan pemerintah merupakan hal wajib yang dilakukan oleh PR suatu perusahaan. Karena apabila dilakukan pemetaan, ada 3 unsur penting bagi PR, yang pertama ada pemerintah, masyarakat, dan swasta. Ketiga unsur penting tersebut sangat berpengaruh di dalam masyarakat, sehingga dibutuhkan pendekatan, hubungan, dan pengelolaan terhadap ketiga unsur tersebut.
Melakukan pengembangan terhadap masyarakat atau community development merupakan tugas perusahaan yang biasanya dilakukan oleh PR dengan nama program Corporate Sosial Responsibility (CSR). CSR biasanya melakukan pengembangan terhadap beberapa bidang di masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan masih banyak lagi yang pada intinya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan.

Dalam konteks ini, citra bukanlah fokus utama dari PR, karena seperti yang dijelaskan di atas, bahwa salah satu tugas perusahaan adalah melakukan pengembangan kepada masyarakat. Sehingga apabila setelah itu mendapat outcome sebuah citra perusahaan maka itu merupakan sebuah tambahan.

Postingan populer dari blog ini

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut.

Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card?

Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka, atau istilah umumnya pra bayar. S…

Persiapan Wedding

Update Menu I Club Jiero edisi Lebaran 2017

Halo sahabat I Club dan Jieroligan yang selalu update hal baru di I Club dan Jiero. Nah, sekarang saatnya kamu update harga menu di I Club dan Jiero ya. Harga baru ini berlaku mulai tanggal 17 Juni 2017 sampai 9 Juli 2017. 
I Club Jiero, tetap buka pada saat Hari Raya Idul Fitri. Buka dari pukul 08.00 - 24.00 WIB. Jadi, tidak khawatir mau nongkrong dimana pada saat libur Lebaran nanti... ajak teman-teman dan keluarga untuk berkumpul bersama di I Club Jiero.