Langsung ke konten utama

Cara Membuat Nasi Krawu Gresik



Nasi Krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.

Bahan bahan yang diperlukan:
  1. 500 gram daging sapi, potong potong melebar setebal 1cm searah serat
  2. 700 ml air /tambah secukupnya kalo tanpa panci presto
  3. 1 sendok teh garam
  4. 2 lembar daun salam
  5. 1 batang serai, digeprak dulu
  6. 200 ml santan kental
  7. ¼ butir kelapa setengah tua di parut lalu sangrai pake api kecil sampe kering kecoklatan
Bumbu yang dihaluskan:
  1. 7 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 2 cm lengkuas
  4. 3 cm kunyit
  5. 1 sendok makan ketumbar
  6. 5 butir kemiri
  7. 1/3 sendok teh asam jawa
  8. 2 sendok makan gula merah atau sesuai selera
  9. 1½ sendok teh garam atau sesuai selera

Pelengkap:
  1. Nasi putih hangat
  2. Poyah Kelapa Kuning
  3. Sambel terasi
Cara membuat Nassi Krawu Gresik:
  1. Pertama Masukan potongan daging, air dan garam ke dalam panci(presto). Proses selama 15 menit. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
  2. Pisahkan kaldunya, ambil kaldu sebanyak 250 ml, Simpan sisa kaldu untuk nanti.
  3. Masukkan 250 ml kaldu kembali ke dalam panci bersama potongan daging, memarkan daging dengan sendok kayu.
  4. Tambahkan bumbu halus, daun salam, dan serai. Panaskan kembali selama 10 menit. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
  5. Buka tutup panci, tuangi santan kental. Masak dengan api kecil dan sambil sekali kali diaduk sampai kuah mulai habis.
  6. Setelah kuah mulai habis masukan kelapa sangrai. Aduk aduk sampai rata dan meresap, matikan api. Siap disajikan dengan pelengkapnya.
Dilihat kalau sudah selesai, Daging dan babat dengan aneka bumbu dan santan, warnanya coklat, sangat empuk sampai menjadi suwiran kasar secara alami. Sangat menggoda untuk disantap apalagi kalau lagi lapar, bisa nambah berapa porsi. Tapi, kalau Anda malas untuk memasaknya, silahkan datang ke I Club Jalan Bali 17 Madiun (0351) 472345, karena I Club menghadirkan menu spesial "Nasi Krawu Gresik" khusus buat Anda pecinta #IndonesianFood.

Postingan populer dari blog ini

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut.

Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card?

Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka, atau istilah umumnya pra bayar. S…

Persiapan Wedding

Update Menu I Club Jiero edisi Lebaran 2017

Halo sahabat I Club dan Jieroligan yang selalu update hal baru di I Club dan Jiero. Nah, sekarang saatnya kamu update harga menu di I Club dan Jiero ya. Harga baru ini berlaku mulai tanggal 17 Juni 2017 sampai 9 Juli 2017. 
I Club Jiero, tetap buka pada saat Hari Raya Idul Fitri. Buka dari pukul 08.00 - 24.00 WIB. Jadi, tidak khawatir mau nongkrong dimana pada saat libur Lebaran nanti... ajak teman-teman dan keluarga untuk berkumpul bersama di I Club Jiero.