Skip to main content

#IndonesianFood Mulai Nasi Krawu Gresik Hingga Asinan Bogor

Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia, sudah bisa dipastikan beberapa Resto dan pusat perbelanjaan akan memberikan service yang berbeda. Di mall mall sudah mulai bertebaran promo diskon besar-besaran. Apalagi resto resto juga akan menyajikan menu spesial yang berkaitan dengan kemerdekaan RI ke 69.

Sama halnya dengan I Club Madiun, yang menawarkan menu spesial. Untuk tahun 2014 kali ini, I Club menyajikan menu asli Indonesia. Tentunya supaya Anda semakin mencintai makanan Indonesia yang memiliki cita rasa cukup tinggi.

Beberapa menu yang telah disiapkan chef terbaik I Club adalah :

Asinan Bogor
Asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka). Bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan adalah salah satu hidangan khas seni kuliner Indonesia. Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak, perbedaan utamanya antara lain bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar. Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Betawi dan Asinan Bogor. 

Nasi Goreng
Nasi Goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.

Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan Nasional Indonesia. Dari sekian banyak hidangan dalam khazanah Masakan Indonesia, hanya sedikit yang dapat dianggap sebagai makanan nasional sejati. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat dua dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia' setelah rendang.

Nasi Krawu Gresik
Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, Semur Daging, Jeroan Sapi, Sambal Terasi dan Serundeng.


Tahu Telor
Makanan yang satu ini banyak peminatnya, terutama pecinta petis. Tahu Telor banyak dijumpai di Malang, Surabaya, dan beberapa kota di Jawa Timur termasuk Madiun. Anda pun bisa membuat sendiri di rumah. Ini bahan, bumbu dan cara membuatnya :

Bahan
  1. 6 butir telur ayam
  2. ½ sdt garam
  3. 1 buah tahu putih, potong dadu 1 cm, goreng setengah matang, tiriskan
  4. 3 buah lontong siap santap, iris bulat 1 cm
  5. 150 g kol, iris tipis
  6. 150 g taoge, siangi, rebus setengah matang, tiriskan

Bumbu Kacang
  1. 2 siung bawang putih
  2. 4 buah cabai rawit merah
  3. ½ sdt garam
  4. 100 g kacang tanah, goreng, tiriskan
  5. 50 g gula merah, sisir
  6. 2 sdt petis udang
  7. 100 ml air hangat

Pelengkap
  1. 6 sdm bawang merah goreng, siap santap
  2. 6 sdm kecap manis
  3. 1 batang daun seledri, cincang halus

Cara Membuat
  1. Kocok telur bersama garam hingga rata. Masukkan potongan tahu goreng, aduk rata. Bagi menjadi 6 bagian sama rata.
  2. Panaskan wajan datar antilengket (F20 cm), olesi dengan sedikit minyak. Tuang satu bagian adonan, goreng hingga matang. Angkat, tiriskan. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.
  3. Bumbu kacang: Tumbuk bawang putih, cabai rawit, dan garam hingga setengah halus. Masukkan kacang tanah dan gula merah, tumbuk kembali hingga halus. Tambahkan petis dan air, aduk rata. Sisihkan.
  4. Penyajian: Susun lontong di atas 6 buah piring saji, letakkan masing-masing telur dadar, kol, dan taoge. Siram dengan bumbu kacang.
  5. Sajikan dengan pelengkap.
Tapi, jika Anda malas untuk memasaknya sendiri, silahkan berkunjung ke I Club Jl. Bali 17 Madiun 0351 472345. Menu Spesial siap menemani makan siang Anda :)

Comments

Popular posts from this blog

Paket Ultah & Wedding I Club Jiero 2018

Di awal tahun 2018, rasanya masih sah-sah saja kalau kamu mau membuat resolusi. Biasanya resolusi selalu berkaitan dengan hal positif. Hampir mirip seperti cita-cita atau target yang ingin dicapai pada tahun tertentu. Seperti, menyelesaikan kuliah, naik jabatan, menambah keturunan (bagi yang sudah menikah), atau membeli sesuatu yang diinginkan dan tak bisa mudah dibeli. Ada banyak hal yang bisa menjadi resolusi kamu di tahun 2018 ini. I Club Jiero, di tahun 2018 ini punya resolusi ingin melayani lebih baik lagi kepada sahabat I Club Jiero yang datang ke Cafe & Resto kami. Selain ada hal baru lagi di tahun 2018 ini yaitu harga paket ulang tahun dan paket wedding. Banyak yang rekues kepada team I Club Jiero, yaitu menginginkan ultah dan wedding yang sudah include dekorasi, MC, hingga paket liburan. Nah di tahun 2018, paket liburan yang kami pilih adalah Bali. Untuk paket weddingnya hanya Rp 99.000,- per pax (min. 350 pax), fasilitas : Menu Prasmanan, Liburan ke Bali, Menginap

Syarat Pra Nikah di KUA Apa Saja?

Mau mengadakan pernikaha tapi kesibukan pekerjaan tidak habis habis ya... lalu yang terjadi adem ayem saja sampai H-30 hari pernikahan. Kemudian ortu mulai tanya, "Kamu jadi nikah ngga sih? Kok ngga ada persiapan apa-apa?"  Pasti mulai panik kalo sudah H-30 hari begini, karena mengurus ijin menikah di KUA tak semudah bikin KTP di Dispendukcapil lho hehe... Yuk belajar mempersiapkan pernikahan, tak hanya resepsinya saja ya karena rumitnya pernikaha justru pra nya. Berdasarkan PMA Nomor 20 Tahun 2019, ada beberapa dokumen syarat nikah yang harus kamu persiapkan, antara lain : NIK calon suami, calon istri, dan orang tua atau wali N1 - Surat pengantar nikah yang didapat dari kelurahan atau desa N3 - Surat ijin orang tua, jika calon pengantin berumur dibawah 21 tahun Surat akta cerai, jika calon pengantin sudah cerai Surat ijin komandan, jika calon pengantin adalah TNI / POLRI Surat pengantar kematian, jika calon pengantin duda atau janda yang ditinggal mati Izin atau dispensasi d

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

i Fitness I-Club Madiun Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut. Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card? Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka