Langsung ke konten utama

Ngabuburit Apa Sih?

Kalau pas Puasa pasti ngga akan lepas dari yang namanya Ngabuburit, ya kan? Sebenarnya ngabuburit itu apa sih?  


Ngabuburit adalah istilah yang berasal dari bahasa Sunda, burit artinya waktu menjelang malam hari atau waktu Maghrib. Jadi ngabuburit selama bulan puasa ini adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, yaitu saat berbuka puasa. Populer banget istilah ini di kalangan masyarakat khususnya pada bulan puasa seperti saat ini.
Banyak orang mengakali ngabuburit ini dengan berbagai kegiatan hingga mereka lupa akan rasa lapar dan haus selama berpuasa. Ada yang cuma tidur-tiduran, nonton, maen game, jalan-jalan, dan pokoknya ngerjain sesuatu hingga saking asyiknya bisa bikin lupa rasa haus dan lapar, bisa menjalankan perintah agama tanpa harus kelaparan dan kehausan.
Bagaimana dengan acara ngabuburit Anda? Apa benar acara ini yang paling Anda tunggu-tunggu? Cerita dong apa kebiasaan Anda saat ngabuburit, kegiatan apa yang biasa dilakukan?
   

Bagi umat Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa, tentunya berbuka puasa adalah hal yang paling dinantikan. Untuk membunuh waktu sambil menanti beduk Maghrib berkumandang, banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Salah satu kegiatan yang populer yang biasa dilakukan adalah: Ngabuburit. Kata ini cukup sering diucapkan pada bulan suci ini. Tapi tahukah anda apa arti Ngabuburit?
Ngabuburit merupakan istilah dalam Bahasa Sunda yang berasal dari kata Burit yang berarti sore. Jika diterjemahkan secara bebas, Ngabuburit adalah istilah yang dipakai untuk kegiatan menunggu sore. Sementara di KBBI, kata Ngabuburit diartikan sebagai menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Pada KBBI, kata Ngabuburit diberi keterangan (sd) sebagai penanda bahwa kata tersebut berasal dari Bahasa Sunda.

 

Umumnya, orang-orang melakukan Ngabuburit pada jam 3-5 di sore hari. Biasanya mereka berkeliling naik motor sambil mencari panganan yang menarik untuk berbuka puasa nanti. Di beberapa tempat, Ngabuburit digunakan untuk kegiatan pesantren kilat atau seminar mengenai agama.


Nah sudah jelas kan Ngabuburit itu apa? Jadi nanti sore mau ngabuburit kemana nih? Kalau di Madiun sih, tempat yang paling sering dimanfaatkan untuk ngabuburit adalah Alun-Alun Kota Madiun, Bunderan Serayu, Gulun, atau Stadion Madiun? Banyak tempat yang bisa dimanfaatkan untuk ngabuburit. Banyak pula kegiatan positif yang bisa dikerjakan saat ngabuburit, seperti contohnya Main musik di studio, Olahraga ringan (Jogging atau Nge-Gym), Shopping keperluan Puasa, Belajar Ngaji atau Buka Les Belajar buat Adek-adek... Banyak kan pilihannya?



Postingan populer dari blog ini

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut.

Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card?

Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka, atau istilah umumnya pra bayar. S…

Persiapan Wedding

Update Menu I Club Jiero edisi Lebaran 2017

Halo sahabat I Club dan Jieroligan yang selalu update hal baru di I Club dan Jiero. Nah, sekarang saatnya kamu update harga menu di I Club dan Jiero ya. Harga baru ini berlaku mulai tanggal 17 Juni 2017 sampai 9 Juli 2017. 
I Club Jiero, tetap buka pada saat Hari Raya Idul Fitri. Buka dari pukul 08.00 - 24.00 WIB. Jadi, tidak khawatir mau nongkrong dimana pada saat libur Lebaran nanti... ajak teman-teman dan keluarga untuk berkumpul bersama di I Club Jiero.