Skip to main content

13 Fakta Tentang Berenang


Berenang bisa jadi olahraga paling menyenangkan dan cenderung mudah dilakukan. Tak hanya itu, berenang juga membuahkan perasaan santai dan rileks. Tapi tahukan Anda beberapa fakta menarik tentang olahraga di air itu. Seperti mengutip geniusbeauty, setidaknya ada 13 fakta menarik tentang berenang.

1. WAKTU BAIK UNTUK BERENANG

Waktu terbaik untuk berenang adalah pukul 7 sampai pukul 9 pagi dan pukul 6 sampai 8 malam. Karena pada pagi hari tubuh santai dan paling bisa menerima beban gerakan renang. Sedangkan pelatihan malam akan membantu membakar kalori maksimum.

2. MENGURANGI MASSA TUBUH

Massa tubuh orang ketika di dalam air akan berkurang hingga 10 kali. Berenang adalah olahraga paling tepat jika mereka memiliki masalah nyeri sendi, punggung, kelebihan berat badan dan kehamilan.

3. GAYA DADA PALING TEPAT

Gaya yang paling berguna untuk renang adalah gaya dada. Berenang gaya dada selama 30 menit aktif membakar 360 kalori dan melibatkan hingga 70% semua otot.
4. BAKAR KALORI
Bahkan cukup bertahan pada permukaan air (tidak harus berenang), ini dapat membakar hingga 200-300 kalori per jam.

5. TINGKATKAN HORMON PERTUMBUHAN
Berenang di kolam memberi kontribusi meningkatkan hormon pertumbuhan atau somatotropin dalam darah anak-anak sebanyak 20 kali.



6. TURUNKAN RISIKO HIPERTENSI
Berenang menurunkan risiko hipertensi sebanyak dua kali jika dibandingkan dengan olahraga lainnya.

7. PINGGANG RAMPING
Ingin memiliki pinggang bak gitar? Maka Anda harus mengambil renang sebagai olahraga.
Berenang membantu membuat pinggang ramping.

8. BERGUNA UNTUK KESEHATAN KARDIOVASKULAR
Berenang di kolam bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Mereka yang secara teratur berenang menunjukkan penurunan denyut jantung 60-55 denyut per menit. Sementara yang tidak memiliki detak jantung sekitar 65-57 bpm.

9. BUAT ANAK LEBIH CERDAS
Penelitian mengungkapkan, anak-anak yang teratur berenang selama tahun-tahun awal kehidupan , jauh lebih cerdas daripada yang takut air.
Peneliti Australia telah menguji 180 anak-anak usia tiga sampai lima tahun untuk kecerdikan.



10. UNTUK BAYI 3 BULAN
Bahkan bayi usia tiga minggu sudah bisa diajarkan untuk berenang. Sebaliknya setelah berusia tiga bulan kemampuan bawaan ini hilang dengan sendirinya.

11. TERAPI NYERI SENDI DAN OTOT
Berenang menjadi terapi bagi mereka yang memiliki keluhan nyeri sendi dan otot.
Hal ini diungkapkan dari penelitian Universitas Extremadura di Spanyol dan Universitas Evora di Portugis terhadap 33 perempuan, yang menderita nyeri sendi dan otot selama delapan bulan.
Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama dilatih di kolam renang sebanyak tiga kali seminggu setidaknya satu jam. Sedangkan kelompok lainnya tidak.

Hasilnya mereka yang berlatih di kolam renang mengaku reda sakitnya dibanding dengan mereka yang tidak mendapat latihan di kolam renang.

12. AIR LAUT YANG HANGAT KURANG BERGUNA
Suhu sekitar 23-25 derajat celcius adalah suhu air laut paling nyaman untuk berenang. Karena air laut yang hangat justru menghilangan manfaat yang berguna.


13. MENINGKATKAN HEMOGLOBIN

Bahkan jika Anda menghabiskan satu menit dalam air dengan suhu 20C, tingkat hemoglobin dalam darah akan meningkat.
Setelah mengetahui fakta-fakta diatas, kini saatnya Anda merefreskan badan dengan berenang. Tak usah jauh-jauh, ke I Club saja, Jl. Bali 17 Madiun 0351 472345 / 3011333. Jangan lupa follow @iclub_madiun ya :)

Comments

Popular posts from this blog

Paket Ultah & Wedding I Club Jiero 2018

Di awal tahun 2018, rasanya masih sah-sah saja kalau kamu mau membuat resolusi. Biasanya resolusi selalu berkaitan dengan hal positif. Hampir mirip seperti cita-cita atau target yang ingin dicapai pada tahun tertentu. Seperti, menyelesaikan kuliah, naik jabatan, menambah keturunan (bagi yang sudah menikah), atau membeli sesuatu yang diinginkan dan tak bisa mudah dibeli. Ada banyak hal yang bisa menjadi resolusi kamu di tahun 2018 ini. I Club Jiero, di tahun 2018 ini punya resolusi ingin melayani lebih baik lagi kepada sahabat I Club Jiero yang datang ke Cafe & Resto kami. Selain ada hal baru lagi di tahun 2018 ini yaitu harga paket ulang tahun dan paket wedding. Banyak yang rekues kepada team I Club Jiero, yaitu menginginkan ultah dan wedding yang sudah include dekorasi, MC, hingga paket liburan. Nah di tahun 2018, paket liburan yang kami pilih adalah Bali. Untuk paket weddingnya hanya Rp 99.000,- per pax (min. 350 pax), fasilitas : Menu Prasmanan, Liburan ke Bali, Menginap

Syarat Pra Nikah di KUA Apa Saja?

Mau mengadakan pernikaha tapi kesibukan pekerjaan tidak habis habis ya... lalu yang terjadi adem ayem saja sampai H-30 hari pernikahan. Kemudian ortu mulai tanya, "Kamu jadi nikah ngga sih? Kok ngga ada persiapan apa-apa?"  Pasti mulai panik kalo sudah H-30 hari begini, karena mengurus ijin menikah di KUA tak semudah bikin KTP di Dispendukcapil lho hehe... Yuk belajar mempersiapkan pernikahan, tak hanya resepsinya saja ya karena rumitnya pernikaha justru pra nya. Berdasarkan PMA Nomor 20 Tahun 2019, ada beberapa dokumen syarat nikah yang harus kamu persiapkan, antara lain : NIK calon suami, calon istri, dan orang tua atau wali N1 - Surat pengantar nikah yang didapat dari kelurahan atau desa N3 - Surat ijin orang tua, jika calon pengantin berumur dibawah 21 tahun Surat akta cerai, jika calon pengantin sudah cerai Surat ijin komandan, jika calon pengantin adalah TNI / POLRI Surat pengantar kematian, jika calon pengantin duda atau janda yang ditinggal mati Izin atau dispensasi d

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

i Fitness I-Club Madiun Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut. Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card? Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka