Skip to main content

Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa


Selama bulan Ramadhan, banyak sekali hal-hal yang bermanfaat untuk kesehatan kita selama puasa. Namun banyak juga yang takut pada saat puasa akan menganggu kesehatan mulut seperti nafas yang tak sedap.  


Benarkah? Nafas Tak Sedap?
Kesehatan mulut tentu harus dijaga saat berpuasa, terutama agar kita bisa menjalankan ibadah dengan lebih khusuk. Kondisi mulut kita secara umum akan mempengaruhi keadaan fisik secara umum. Misalnya, bagaimana saat berbicara, penampilan, bertemu dengan relasi atau orang lain. Salah satu yang sering dikeluhkan masyarakat saat berpuasa adalah nafas yang tak sedap, rasa kering dalam mulut, dan dirasakan pula gangguan rasa mengecap.

Keluhan napas tak sedap ini biasanya akan meningkat sebanyak 60% saat Ramadhan. Nafas yang tak sedap diakibatkan oleh bau dari lambung yang kosong dan dapat juga disebabkan oleh bakteri atau plak pada mulut. Selain itu disebabkan pula oleh tidak adanya aktifitas makan atau mengunyah selama 13-14 jam. Saat makan, biasanya akan mengaktifkan produksi air liur yang bisa membantu menjaga kebersihan mulut.

Puasa bermanfaat untuk kesehatan mulut
Di samping itu, para peneliti menemukan bahwa berpuasa bermanfaat untuk kesehatan mulut. Dalam berpuasa, maka asupan glukosa akan lebih sedikit karena tidak makan selama 13-14 jam. Penurunan glukosa ini berpengaruh pada kadar glukosa yang juga ada di air liur. Para peneliti menemukan bahwa konsentrasi glukosa dalam air liur terjadi penurunan. Penurunan glukosa liur akan mengurangi risiko pertumbuhan kuman, yang tentunya akan menjaga kesehatan mulut.

Berikut tips-tips yang mudah Anda lakukan selama Ramadhan, agar kesehatan mulut tetap prima. 

Rutinlah sikat gigi saat malam dan setelah sahur, agar bau nafas bisa dikurangi. Apalagi kuman akan semakin mudah tumbuh pada sisa makanan yang tersisa bila Anda tidak menyikat gigi.

Sikat gigi secara benar dan menyeluruh, termasuk bagian lidah. Hal ini akan membantu mengurangi bakteri dan mencegah Anda terserang gangguan gigi dan gusi.

Setelah sikat gigi, berkumur dengan obat kumur juga dapat membantu. Berkumur dengan air putih sesaat setelah sahur akan membantu mengurangi sisa makanan pada mulut Anda.

Saat berbuka, minumlah banyak air putih agar merangsang produksi air liur dan membantu mengurangi kuman serta melembabkan rongga mulut.

Pembersihan gigi dengan benang gigi (dental floss) akan membantu menjaga kebersihan mulut.

Periksakan ke dokter gigi, mungkin saja bau mulut ini disebabkan adanya penyakit lain misalnya adanya gigi berlubang.  
Semoga di Ramadhan ini, ibadah kita tetap khusuk dengan mulut yang segar ya.

Selama bulan Ramadhan ini, maka umat Islam akan melakukan ibadah puasa. Banyak sekali hal-hal yang bermanfaat untuk kesehatan kita selama puasa. Nah namun banyak juga yang takut bahwa saat puasa akan menganggu kesehatan mulut seperti nafas yang tak sedap. Benarkah? Ayo, kita temukan dalam artikel ini. Disimak ya Sobat TanyaDok! Nafas Tak Sedap? Kesehatan mulut tentu harus dijaga saat berpuasa, terutama agar kita bisa menjalankan ibadah dengan lebih khusuk. Menurut dr. Rafuh Khoury, dokter bedah mulut dari Dubai, Uni Emirat Arab, kondisi mulut kita secara umum akan mempengaruhi keadaan fisik secara umum. Misalnya, bagaimana saat berbicara, penampilan, bertemu dengan relasi atau orang lain. Salah satu yang sering dikeluhkan masyarakat saat berpuasa adalah nafas yang tak sedap, rasa kering dalam mulut, dan dirasakan pula gangguan rasa mengecap. Keluhan napas tak sedap ini biasanya akan meningkat sebanyak 60% saat Ramadhan. Nafas yang tak sedap diakibatkan oleh bau dari lambung yang kosong dan dapat juga disebabkan oleh bakteri atau plak pada mulut. Selain itu disebabkan pula oleh tidak adanya aktifitas makan atau mengunyah selama 13-14 jam. Saat makan, biasanya akan mengaktifkan produksi air liur yang bisa membantu menjaga kebersihan mulut. Puasa Bermanfaat Untuk Kesehatan Mulut Di samping itu, para peneliti menemukan bahwa berpuasa bermanfaat untuk kesehatan mulut. Dalam berpuasa, maka asupan glukosa akan lebih sedikit karena tidak makan selama 13-14 jam. Penurunan glukosa ini berpengaruh pada kadar glukosa yang juga ada di air liur. Para peneliti menemukan bahwa konsentrasi glukosa dalam air liur terjadi penurunan. Penurunan glukosa liur akan mengurangi risiko pertumbuhan kuman, yang tentunya akan menjaga kesehatan mulut. Tips Berikut kam berikan tips-tips yang mudah Anda lakukan selama Ramadhan, agar kesehatan mulut tetap prima. Rutinlah sikat gigi saat malam dan setelah sahur, agar bau nafas bisa dikurangi. Apalagi kuman akan semakin mudah tumbuh pada sisa makanan yang tersisa bila Anda tidak menyikat gigi. Sikat gigi secara benar dan menyeluruh, termasuk bagian lidah. Hal ini akan membantu mengurangi bakteri dan mencegah Anda terserang gangguan gigi dan gusi. Setelah sikat gigi, berkumur dengan obat kumur juga dapat membantu. Berkumur dengan air putih sesaat setelah sahur akan membantu mengurangi sisa makanan pada mulut Anda. Saat berbuka, minumlah banyak air putih agar merangsang produksi air liur dan membantu mengurangi kuman serta melembabkan rongga mulut. Pembersihan gigi dengan benang gigi (dental floss) akan membantu menjaga kebersihan mulut. Periksakan ke dokter gigi, mungkin saja bau mulut ini disebabkan adanya penyakit lain misalnya adanya gigi berlubang. Semoga di Ramadhan ini, ibadah kita tetap khusuk dengan mulut yang segar ya.

Artikel kesehatan di : http://www.tanyadok.com/kesehatan/mulut-tetap-segar-saat-berpuasa

Comments

Popular posts from this blog

Paket Ultah & Wedding I Club Jiero 2018

Di awal tahun 2018, rasanya masih sah-sah saja kalau kamu mau membuat resolusi. Biasanya resolusi selalu berkaitan dengan hal positif. Hampir mirip seperti cita-cita atau target yang ingin dicapai pada tahun tertentu. Seperti, menyelesaikan kuliah, naik jabatan, menambah keturunan (bagi yang sudah menikah), atau membeli sesuatu yang diinginkan dan tak bisa mudah dibeli. Ada banyak hal yang bisa menjadi resolusi kamu di tahun 2018 ini. I Club Jiero, di tahun 2018 ini punya resolusi ingin melayani lebih baik lagi kepada sahabat I Club Jiero yang datang ke Cafe & Resto kami. Selain ada hal baru lagi di tahun 2018 ini yaitu harga paket ulang tahun dan paket wedding. Banyak yang rekues kepada team I Club Jiero, yaitu menginginkan ultah dan wedding yang sudah include dekorasi, MC, hingga paket liburan. Nah di tahun 2018, paket liburan yang kami pilih adalah Bali. Untuk paket weddingnya hanya Rp 99.000,- per pax (min. 350 pax), fasilitas : Menu Prasmanan, Liburan ke Bali, Menginap

Syarat Pra Nikah di KUA Apa Saja?

Mau mengadakan pernikaha tapi kesibukan pekerjaan tidak habis habis ya... lalu yang terjadi adem ayem saja sampai H-30 hari pernikahan. Kemudian ortu mulai tanya, "Kamu jadi nikah ngga sih? Kok ngga ada persiapan apa-apa?"  Pasti mulai panik kalo sudah H-30 hari begini, karena mengurus ijin menikah di KUA tak semudah bikin KTP di Dispendukcapil lho hehe... Yuk belajar mempersiapkan pernikahan, tak hanya resepsinya saja ya karena rumitnya pernikaha justru pra nya. Berdasarkan PMA Nomor 20 Tahun 2019, ada beberapa dokumen syarat nikah yang harus kamu persiapkan, antara lain : NIK calon suami, calon istri, dan orang tua atau wali N1 - Surat pengantar nikah yang didapat dari kelurahan atau desa N3 - Surat ijin orang tua, jika calon pengantin berumur dibawah 21 tahun Surat akta cerai, jika calon pengantin sudah cerai Surat ijin komandan, jika calon pengantin adalah TNI / POLRI Surat pengantar kematian, jika calon pengantin duda atau janda yang ditinggal mati Izin atau dispensasi d

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

i Fitness I-Club Madiun Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut. Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card? Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka