Skip to main content

Kerjaan Lancar Meski Puasa


Kesibukan pekerjaan sering dijadikan alasan untuk lalai dalam beribadah misalnya untuk puasa atau sholat. Sebaliknya, ibadah berpuasa juga terkadang dijadikan kesempatan untuk bermalas-malasan dalam bekerja.

Banyak berleha-leha, berlama-lama ditempat ibadah usai sholat atau bahkan membolos kerja untuk sekedar tidur dirumah, hal-hal tersebut tidak jarang kita sah-kan demi alasan menjaga stamina dan tak cepat lapar dan haus agar puasa terjaga. Semestinya ibadah puasa Rmadhan ini dijadikan motivasi untuk membuktikan bahwa diri kita bisa tetap produktif walau sedang menahan lapar dan haus.

Sesungguhnya merupakan sebuah nilai tambah bagi seseorang yang dapat menjalankan puasa selagi bekerja dengan semangat. Maka dari itu, berpuasa sembari bekeja adalah kondisi yang perlu kita siasati. Bagi Anda yang berpuasa berikut adalah tips untuk menjalankan puasa meski dalam pekerjaan yang berat, dihimpun dari berbagai sumber terbaik.


1. Menguatkan Niat & Ikhlaskan Diri

Agar dapat menjalani bekerja dan berpuasa beriringan, perkuat niat Anda dan berserah diri pada Yang Kuasa, niscaya Anda pun dapat melakukannya. Pahami bahwa bekerja dengan ikhlas merupakan ibadah yang mulia juga, sehingga bekerja selagi berpuasa inshaallah dapat menghasilkan pahala yang berlipat ganda pada bulan Ramadhan ini.

2. Siasati Perjalanan Pagi

Masa awal Ramadhan biasanya paling berat. Perubahan pola tidur karena harus melaksanakan sahur biasanya membuat bangun pagi terasa menyiksa. Siasatnya adalah dengan mengusahakan untuk tidak tidur setelah sahur dan segera bersiap ke kantor. Sampai di kantor, kita punya cukup waktu melanjutkan tidur hingga jam kerja dimulai.


3. Hindari banyak bicara

Jika Anda termasuk orang yang gemar dan suka bicara secara berlebihan, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut saat puasa, karena berbicara pun menghabiskan energi. Selain itu untuk menjaga diri dari haus dan dahaga karena banyak bicara pun akan mempengaruhi nilai puasa Anda. Kuncinya perbanyaklah berzikir meski hanya dalam hati.

4. Pergunakan Istirahat Makan Siang

Tidur selama 15 menit saja tidak lebih akan mengembalikan konsentrasi, fokus dan semangat seseorang dalam beraktifitas. Manfaatkanlah jam makan siang di kantor Anda untuk tidur selama 15 menit untuk kembali bugar bekerja, namun jangan tidur terlalu lama ya karena justru akan membuat kita tidak fit nantinya.
 
 

5. Tak Usah Lembur

Jika biasanya kita menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan menambah jam kerja alias lembur, di bulan puasa sebaiknya kita pulang lebih cepat. Selain agar bisa menikmati berbuka puasa di rumah bersama keluarga, melaksanakan salat tarawih, kita juga punya lebih banyak waktu tidur agar tak terlambat bangun sahur.

Keep spirit, biar ibadahnya makin khusyuk, pekerjaan juga tetap bisa target! 

Comments

Popular posts from this blog

Paket Ultah & Wedding I Club Jiero 2018

Di awal tahun 2018, rasanya masih sah-sah saja kalau kamu mau membuat resolusi. Biasanya resolusi selalu berkaitan dengan hal positif. Hampir mirip seperti cita-cita atau target yang ingin dicapai pada tahun tertentu. Seperti, menyelesaikan kuliah, naik jabatan, menambah keturunan (bagi yang sudah menikah), atau membeli sesuatu yang diinginkan dan tak bisa mudah dibeli. Ada banyak hal yang bisa menjadi resolusi kamu di tahun 2018 ini. I Club Jiero, di tahun 2018 ini punya resolusi ingin melayani lebih baik lagi kepada sahabat I Club Jiero yang datang ke Cafe & Resto kami. Selain ada hal baru lagi di tahun 2018 ini yaitu harga paket ulang tahun dan paket wedding. Banyak yang rekues kepada team I Club Jiero, yaitu menginginkan ultah dan wedding yang sudah include dekorasi, MC, hingga paket liburan. Nah di tahun 2018, paket liburan yang kami pilih adalah Bali. Untuk paket weddingnya hanya Rp 99.000,- per pax (min. 350 pax), fasilitas : Menu Prasmanan, Liburan ke Bali, Menginap

Syarat Pra Nikah di KUA Apa Saja?

Mau mengadakan pernikaha tapi kesibukan pekerjaan tidak habis habis ya... lalu yang terjadi adem ayem saja sampai H-30 hari pernikahan. Kemudian ortu mulai tanya, "Kamu jadi nikah ngga sih? Kok ngga ada persiapan apa-apa?"  Pasti mulai panik kalo sudah H-30 hari begini, karena mengurus ijin menikah di KUA tak semudah bikin KTP di Dispendukcapil lho hehe... Yuk belajar mempersiapkan pernikahan, tak hanya resepsinya saja ya karena rumitnya pernikaha justru pra nya. Berdasarkan PMA Nomor 20 Tahun 2019, ada beberapa dokumen syarat nikah yang harus kamu persiapkan, antara lain : NIK calon suami, calon istri, dan orang tua atau wali N1 - Surat pengantar nikah yang didapat dari kelurahan atau desa N3 - Surat ijin orang tua, jika calon pengantin berumur dibawah 21 tahun Surat akta cerai, jika calon pengantin sudah cerai Surat ijin komandan, jika calon pengantin adalah TNI / POLRI Surat pengantar kematian, jika calon pengantin duda atau janda yang ditinggal mati Izin atau dispensasi d

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

i Fitness I-Club Madiun Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut. Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card? Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka