Langsung ke konten utama

Puasa Anti Lemas


Puasa kadang-kadang menjadi alasan bagi anda untuk bermalas-malasan sepanjang hari dan lemas saat melakukan aktivitas harian anda. Hal ini, tentu saja tidak baik dan harus dilawan karena puasa bukanlah sebuah beban melainkan sebuah berkat yang harus anda syukuri walaupun pada saat puasa memang tubuh anda hanya memiliki cadangan energy yang lebih sedikit dibandingkan biasanya. 
Nah, supaya badan anda tetap segar sepanjang hari, anda harus mengkonsumsi makanan yang tepat pada saat sahur. Bagi anda yang belum mengetahui tips makan sahur yang benar agar sepanjang hari tidak lemas, ini dia beberapa hal yang dapat anda lakukan.

  1. Makan dengan porsi normal
Tetaplah mengkonsumsi makanan dengan porsi normal seperti porsi anda saat sarapan di bulan-bulan biasanya. Karena jika anda makan lebih banyak daripada biasanya justru akan membuat perut anda kekenyangan dan tidak nyaman. Lagipula, dengan masuknya makanan dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan tubuh cepat mengalami dehidrasi karena membutuhkan lebih banyak air untuk mencernanya. Namun makan sahur dengan porsi yang terlalu sedikitpun juga tidak baik untuk tubuh anda karena bisa mengurangi energy di dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi lemas.
 
  1. Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
Perbanyaklah konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian serta buah dan sayuran. Ini penting karena karbohidrat kompleks akan dicerna dalam jangka waktu lama oleh tubuh anda sehingga mampu menghasilkan cadangan energy yang lama serta memperlambat sistem pencernaan sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, karbohidrat kompleks juga dapat mencegah dehirasi karena fungsinya yang mampu membantu tubuh menyerap air lebih efisien.
  1. Hindari makan terburu-buru
Biasakan untuk makan dengan perlahan sebab jika anda mengunyah terlalu cepat kadar gula dalam darah akan terganggu. Hal inilah yang mengakibatkan anda menjadi cepat lapar setelah beberapa jam makan sahur. Dan, saat tubuh bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi makanan pada saat anda makan terlalu cepat, maka tubuh akan kurang sempurna dalam menyerap nutrisi sehingga anda akan lebih cepat lemas.
 
  1. Minum air putih yang cukup
Perbanyaklah mengkonsumsi air putih pada saat sahur karena air putih sudah dibuktikan lebih baik ketimbang teh manis atau minuman manis lainnya. Teh dan gula memang cepat menghasilkan tambahan energi, namun energi yang dihasilkan juga lebih cepat hilang sehingga tubuh akan menjadi mudah lemas. Sebaikkan anda hanya mengkonsumsi teh manis atau minuman manis lainnya saat berbuka saja untuk menggantikan e nergi yang hilang dalam waktu yang cepat. Mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti semangka dan timun juga disarankan. Jangan minum kopi dan teh berlebihan karena bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Sumber >> http://carapedia.com/tips_sahur_puasa_tidak_lemas_info3124.html

Postingan populer dari blog ini

Member Card, Banyak Plus Plusnya!

Member Card. Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Member Card atau Kartu Member. Saat pergi berbelanja di minimarket, seringkali kasir menanyakan, "Punya member card?" Namun tak jarang orang meremehkan pertanyaan tersebut, seakan tak membutuhkan atau tak menganggap penting member card. Dan dengan cuek Anda akan bilang, "Ah, enggak ada". Atau saat Anda pergi ke sebuah tempat hiburan, baik itu karaoke atau family club, seringkali mendapati seorang kasir menanyai hal serupa, "Ada member card?" Pastinya muncul pertanyaan, sepenting itukah Member Card? Jika Anda mencermati dengan baik, sebenarnya Member Card ini sangat penting. Tapi jika Anda tak bisa memanfaatkannya dengan baik, yang muncul justru sebaliknya, Anda akan dirugikan dengan Member Card tersebut.

Bagaimana supaya Anda untung dengan Member Card?

Member Card yang dikeluarkan sebuah instansi atau club, biasanya akan meminta Anda untuk deposit sejumlah uang dimuka, atau istilah umumnya pra bayar. S…

Persiapan Wedding

Update Menu I Club Jiero edisi Lebaran 2017

Halo sahabat I Club dan Jieroligan yang selalu update hal baru di I Club dan Jiero. Nah, sekarang saatnya kamu update harga menu di I Club dan Jiero ya. Harga baru ini berlaku mulai tanggal 17 Juni 2017 sampai 9 Juli 2017. 
I Club Jiero, tetap buka pada saat Hari Raya Idul Fitri. Buka dari pukul 08.00 - 24.00 WIB. Jadi, tidak khawatir mau nongkrong dimana pada saat libur Lebaran nanti... ajak teman-teman dan keluarga untuk berkumpul bersama di I Club Jiero.